Purna Wiyata Kelas IX SMP Negeri 3 Purwantoro 2013/2014

Peringkat sekolah naik dari peringkat 62 menjadi peringkat 32.

Rangkaian kegiatan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional telah selesai. Peserta Ujian Nasional SMP Negeri 3 Purwantoro pada tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 101 orang siswa, laki-laki 51 orang, perempuan 50 orang. Berbagai persiapan dilakukan untuk mencapai keberhasilan belajar siswa kelas IX dalam menempuh Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, mulai dari penyampaian materi pembelajaran oleh para guru yang selalu berusaha untuk memenuhi target kurikulum yang ada, memberikan pemahaman yang maksimal dan tambahan jam pelajaran untuk siswa kelas IX.


Selain berupaya meningkatkan hasil di bidang akademik juga dilaksanakan kegiatan religi berupa kegiatan istighosah (do'a bersama) yang diikuti semua siswa kelas IX dan semua guru SMP Negeri 3 Purwantoro untuk meningkatkan keyakianan dan rasa percaya diri dalam diri siswa-siswi untuk menempuh ujian sekolah dan ujian nasional.

Berkat usaha keras para guru dalam mendidik, membimbing para siswa dan kerjasama yang terjalin di bawah bimbingan, arahan kepala SMP Negeri 3 Purwantoro, Drs. Sri Haryono, peringkat sekolah naik dari peringkat 62 pada tahun pelajaran 2012/2013, pada tahun pelajaran 2013/2014 ini peringkat SMP Negeri 3 Purwantoro menjadi 32 se kabupaten Wonogiri. Suatu prestasi yang sangat pantas mendapat acungan jempol dan sangat membanggakan.
Cuaca yang cerah pada hari Sabtu, 14 Juni 2014, seakan memberi pertanda baik terhadap nasib para siswa kelas IX SMP Negeri 3 Purwantoro yang telah selesai menempuh Ujian Nasional. Terbukti seluruh siswa SMP Negeri 3 Purwantoro kelas IX sebagai peserta Ujian Nasional, pada tahun pelajaran 2013/2014, alhamdulilllah semuanya LULUS. lulus 100%.

Kegiatan Purna Wiyata SMP Negeri 3 Purwantoro.

Pukul 09.30 WIB, acara Purna Wiyata SMP Negeri 3 Purwantoro dimulai dengan menampilkan beberapa performance siswa kelas 7 dan 8 seperti tari, paduan suara, volksong, solo vokal dan pentas drama yang dibawakan dengan apik diatas panggung terbuka. 
            Vokal Group SMP Negeri 3 Purwantoro         Penampilan Tari Robyong 

Beberapa saat sebelum acara inti dimulai, beberapa siswa kelas 9 yang akan dilepas dan dikembalikan oleh kepala sekolah kepada orang tuanya segera menuju tempat yang disediakan oleh panitia.
Acara inti Purna Wiyata berlangsung dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh siswa, tamu undangan dalam hal ini pengurus Komite SMP Negeri 3 Purwantoro dan bapak/ ibu guru karyawan sekolah.
Selanjutnya diisi oleh beberapa sambutan yaitu dari ketua panitia purna wiyata, ketua panitia ujian sekolah dan ujian nasional, sambutan kepala sekolah, sambutan ketua komite SMP Negeri 3 Purwantoro, sambutan perwakilan siswa kelas IX dan perwakilan kelas VII, VIII.
Sambutan Ketua Panitia Purna Wiyata : Hadi

“Ujian Nasional memang telah berakhir, namun hal tersebut bukan berarti telah selesai semuanya. Ini merupakan langkah awal dalam meraih masa depan. Untuk itu pada kesempatan ini saya perlu mengingatkan bahwa, kalian masih mempunyai tugas cukup panjang yang harus dihadapi setelah kelulusan ini. Kalian harus segera memilih dan mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menegah Kejuruan. Saya berharap apapun pilihan yang telah diputuskan, kalian harus berbuat yang terbaik dan belajar lebih keras lagi” kata Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro, Drs. Sri Haryono dalam sambutannya.
SMP Negeri 3 Purwantoro merupakan sekolah yang berada paling ujung timur di wilayah Kabupaten Wonogiri apalagi Propinsi Jawa Tengah. Lebih tepat sebagai sekolah yang berada di wilayah perbatasan antara kabupaten Wonogiri dan kabupaten Ponorogo, antara propinsi Jawa Tengah dan propinsi Jawa Timur. “Marilah kita berbuat dan berjuang dengan hati nurani, demi generasi bangsa yang berada jauh dari hiruk pikuk kota besar, karena dari para generasi seperti inilah kita masih bisa berharap akan terlahir generasi bangsa yang baik dan berkualitas”, kata Drs. Sri Haryono, Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro.
Sambutan wakil dari kelas IX dan tanggapan dari wakil kelas VII, VIII


Bertekad mewujudkan Pintu Gerbang Pendidikan Wonogiri dan Jawa Tengah.

Pada acara Purna Wiyata kepala sekolah Drs. Sri Haryono dalam sambutannya “Saya mengajak kepada seluruh pelaku dan elemen pendidikan di SMP Negeri 3 Purwantoro dan masyarakat sekitar, meskipun secara teritorial SMP Negeri 3 Purwantoro berada di kawasan perbatasan, pada kesempatan ini saya mencanangkan untuk mewujudkan SMP Negeri 3 Purwantoro menjadi Pintu Gerbang Pendidikan (Gapuraning Pawiyatan) Wonogiri dan Jawa Tengah”.
Untuk mewujudkan SMP Negeri 3 Purwantoro menjadi Pintu Gerbang Pendidikan kabupaten Wonogiri dan propinsi Jawa Tengah, dibutuhkan peningkatan kerjasama dan dukungan dari semua elemen-elemen pendidikan, karena di dalamnya tersirat konsekuensi, tanggung jawab dan semangat untuk dapat mengimplementasikannya dalam bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran secara maksimal untuk mencapai prestasi sekolah dan prestasi para siswa secara maksimal pula.

“Dibalik kebahagiaan yang kita rasakan hari ini saya mengajak kepada seluruh elemen pendidikan untuk lebih bersemangat dalam usaha memajukan pendidikan, memiliki tanggung jawab moral dalam melahirkan anak didik yang memiliki kemampuan intelektual yang menunjang masa depan dan memiliki karakter yang baik selaku generasi muda penerus bangsa yang dapat dibanggakan”, ujar kepala sekolah.

Pada acara purnawiyata SMP Negeri 3 Purwantoro ini , Ketua Komite : Bapak Loso menuturkan bahwa”Dengan dicapainya peringkat sekolah dari peringkat 62 menjadi peringkat 32, ini merupakan perkembangan yang sangat luar biasa. Saya ucapkan Selamat dan semoga pada tahun depan bisa mencapai peringkat yang lebih baik”.
“Saya, sebagai pribadi dan wakil dari masyarakat sangat senang dan salut acara purna wiyata ini anak-anak mengenakan pakaian adat Jawa atau pakaian Nasional. Ini sangat mendukung terhadap pembentukan watak, perilaku dan karakter generasi penerus. Saya yakin hari ini (Sabtu, 14 Juni 2014) tidak ada anak-anak yang melakukan corat-coret, baik pada baju seragam OSIS atau pada tempat lain”, ujar ketua komite yang disambut dengan tawa oleh para hadirin.
Ketua Komite SMP N 3 Purwantoro, Bpk. Loso 


Para siswa yang berprestasi dalam ujian nsaional tahun pelajaran 2013/2014.

Dalam acara purna wiyata ini juga diumumkan para siswa kelas IX yang meraih prestasi TERBAIK ujian nasional tahun pelajaran 2013/2014, yaitu Juara Umum ujian nasional tahun pelajaran 2013/2014 diraih oleh IRNAWATI dari kelas IX A.

NO.
N A M A
KELAS
MATA PELAJARAN
NILAI
1.
NUR ANISA
IX A
IPA
9,0
2.
EVA HIDAYATI
IX A
Bahasa Indonesia
9,4
3.
IRNAWATI
IX A
Bahasa Inggris
9,4
4.
NOVIANA ANGGUN PERTIWI
IX A
Matematika
9,5
5.
IRNAWATI
IX A
Matematika
9,5


Peraih Nilai tertinggi Hasil Ujian Nasional menerima penghargaan dari Sekolah yang diserahkan oleh Kepala Sekolah dan Ketua Komite 

Nampak terlihat beberapa tamu undangan antusias melihat acara demi acara. Semoga acara Purna Wiyata dan pentas seni ini dapat bermanfaat bagi semua, karena acara ini adalah manifestasi sikap untuk merelakan orang yang ada di sisi kita untuk melangkah menuju jenjang lebih tinggi, maka sudah waktunya kita memaknai bahwa acara Purna Wiyata ini adalah kenangan yang indah dan tak terlupakan.
SELAMAT KEPADA PARA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 PURWANTORO YANG TELAH LULUS.

Comments

  1. Selamat, kepada Bapak dan Ibu Guru serta para siswa.

    ReplyDelete
  2. Selamat dan Sukses. Terima kasih atas segala kerjasamanya. Semoga Allah meridloi dan memberikan bimbinmgan Nya. Amin

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) - Laporan Study Wisata

Ikuti KUIS KI HAJAR - Untuk Siswa-Siswi Seluruh Indonesia