Tuesday, July 15, 2014

Masa Orientasi Siswa SMP N 3 Purwantoro 2014/2015

Peserta Didik Baru yang resmi mendaftar (daftar ulang) di SMP Negeri 3 Purwantoro pada tahun pelajaran 2014/2015 ini sebanyak 110 siswa.
Setelah waktu pendaftaran siswa baru dan daftar ulang selesai, para peserta didik baru harus mengikuti tahapan Masa Orientasi Siswa atau yang dikenal dengan MOS. 
Masa Orientasi siswa pada tahun pelajaran 2014/2015 ini berlangsung selama 3 hari, mulai hari Senin - Rabu tanggal 14 s.d 16 Juli 2014.

Peserta Masa Orientasi Siswa SMP Negeri 3 Purwantoro pada tahun ini berjumlah 110 siswa.
Upacara pembukaan Masa Orientasi Siswa Baru diikuti oleh semua peserta didik baru, semua guru dan karyawan serta Pengurus OSIS SMP Negeri 3 Purwantoro dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Drs. Sri Haryono. Dalam kesempatan ini kepala SMP Negeri 3 Purwantoro mengucapkan Selamat kepada peserta didik baru atas diterimanya di Sekolah ini dan selamat mengikuti Masa Orientasi Siswa, agar kalian mengenal semua yang ada di SMP Negeri 3 Purwantoro yang akan dibantu oleh kakak-kakak kalian sebagai pengurus OSIS.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri, Drs. Siswanto, M.Pd mengatakan "Sesuai jadwal akademik tahun ajaran 2014/2015, MOS dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin-Rabu (14-16/7/2014) mendatang. Lantaran, saat ini masih bulan puasa maka pelaksanaan MOS harus bernuansa religius. Tak boleh ada unsur kekerasan terhadap siswa baru saat pelaksanaan kegiatan MOS. Sebaiknya, MOS diisi dengan kegiatan-kegiatan bernuansa religius".

Kegiatan MOS diminta dilaksanakan di dalam kelas lantaran para siswa baru yang beragama Islam sedang menjalankan ibadah puasa. Selain itu panitia MOS dilarang melakukan aksi kekerasan terhadap para siswa baru. Pelaksanaan MOS difokuskan sebagai kegiatan untuk mengenalkan para siswa baru terhadap lingkungan sekolahnya.


Lebih lanjut Drs. Siswanto mengatakan : "Apabila ada panitia MOS yang terbukti melakukan aksi perpeloncoan maka pihaknya tak segan-segan memberikan sanksi tegas. Kegiatan MOS dilaksanakan agar para siswa baru mengenal lingkungan sekolah sehingga mereka dapat beradaptasi dalam kegiatan belajar mengajar".

Materi MOS yang dberikan kepada peserta didik baru diantaranya :
1. Pengembangan Sikap Ilmiah Dengan Kurikulum 2013
2. Kurikulum 2013 Membentuk Sikap Kritis Dan Kreatif
3. Saatnya Menggali Karakter Dari Kearifan Lokal
4. Kembangkan Sikap Kepemimpinan Pada Organisasi Di sekolah
5. Dari Ekskul Membangun Prestasi
6. Basa Jawa Ngganepi Budi Pekerti
7. Wawasan Wiyata Mandala Unduh Di sini
8. Tatakrama Siswa Unduh Di Sini
9. Permainan Edukatif Unduh Di Sini 






No comments:

Post a Comment